Halaman

Kamis, 07 Juni 2012

Memilih Pekerjaan Idaman



Apa saudara menganggur ?
Sedang mencari pekerjaan yang cocok ?

Setiap manusia normal pastilah ingin pekerjaan , tapi pekerjaan itu di bagi menjadi 2 yaitu pekerjaan yang halal dan haram .

Pekerjaan yang halal itu pekerjaan dimana yang di lakukan nya itu menguntungkan untuk dirinya sendiri maupun orang lain dan pekerjaan itu yang tidak mengandung unsur yang dilarang oleh agama contoh guru,TNI,dagang pakaian. Dll.


Pekerjaan yang haram itu pekerjaan yang dimana dilakukan nya itu hanya menguntungkan diri sendiri dan merugikan oranglain atau sebaliknya . kemudian pekerjaan itu mengandung unsur yang dilarang oleh agama contoh nya PSK, penjual ganja,heroin,pencuri. Dll.

ini ada sebuah video yang mungkin bisa menyadarkan hati saudara yang sekarang masih duduk di bangku sekolahan yang tiap hari bisanya menghambur hamburkan uang , sadar lah bahwa mencari uang itu sulit tanpa adanya semangat, mau berusaha dengan melewati kekurangan kekurangan yang ada
fideo ini mengambarkan orang cacat aja mau berusaha nyata nya juga sukses dengan apa yang di cita citakan nya , apa lagi anda yang tidak , pastinya lebih berpotensi lagi kan !!!! tips memilih pekerjaan

1. Membuat daftar prioritas.

Jadi lowongan pekerjaan apa yang sudah di dapat kemudian di list kemudian dipilih mana yang kamu prioritaskan sehingga bisa fokus ke situ .

2. Sesuaikan dengan hobi.

Pekerjaan yang paling sesuai dengan kita ialah yang paling dekat dengan hobi/kegemaran kita.
Namun bila hobi sudah menjadi penghasilan, alangkah lebih baiknya untuk lebih diinprovisasi atau dimodifikasi agar hobi tersebut lebih inovatif dan mempunyai nilai yang lebih tinggi lagi.contoh hoby yang bisa berpenghasilan , jualan ikan hias sepak bola,basket,membuat kerajinan ,megambar ,dll.


3. Latar belakang perusahaan.


Anda berhak mengetahui tentang latar belakang perusahaan tempat bekerja nantinya. Apakah perusahaan tersebut memiliki kelengkapan izin seperti SITU, SIUPP dan sebagainya. Hal ini penting untuk bertahan di perusahaan ini. Anda tentu tidak mau jika di tengah jalan tiba-tiba kantor Anda ditutup karena tidak memiliki izin.

4. Sesuaikan dengan bakat.



Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap orang. Jika digalinya dengan baik tentu kita akan menemukan apa sebenarnya bakat kita.
Pekerjaan yang paling sesuai dengan kita ialah yang paling berafiliasi dengan talenta/bakat yang menonjol pada diri kita. misalnya bidang arsitek

5. Resiko dan bahaya yang dihadapi



Resiko biasanya berhubungan dengan keselamatan hidup, tapi terkadang orang tidak menghirukan itu karena dengan alasan sebutir nasi untuk anak istri ,pekerjaan seberbahaya apapun itu akan dilakukan nya contoh mencari belerang di gunung, panjat tower,dll masih banyak lagi tetapi akan lebih baik bila pekerjaan itu tidak terlalu berbahaya sehingga anak istri,atau orang tua tidak was was atau selalu tidak tenang hatinya.



6. Sesuaikan dengan kemampuan.

 

Persoalan kemampuan yang menyangkut dengan waktu mudah diatur namun kemampuan yang bersangkutan dengan tenaga masih memerlukan latihan fisik yang tidak sebentar.
Dan pekerjaan yang paling sesuai dengan kita ialah yang paling kompromis dengan ketersedian waktu dan ketangguhan tenaga kita.


7. Sesuaikan dengan lingkungan.


yaitu dimana sebelum kita melamar kerja kita mencari info tentang tempat kerja nanti apakah kerja di tempat yang berbudaya beda , orang orang yang sepemikiran dll, bila itu sudah didapat apakah kita bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan bekerja kita ?. karena lingungan sangat mempengaruhi dalam kualitas bekerja kita , apabila kita cocok dengan lingkungan tempat kita kerja maka pkerjaan itu kan menyenangkan dan hasil kerjanya baik begitu sebaliknya



8. Kesempatan untuk belajar


Kesempatan untuk belajar merupakan salah satu yang terpenting dalam pekerjaan, sebab tanpa ada kesempatan belajar maka pekerjaan akan terasa sangat membosankan, bayangkan saja dari anda awal masuk sampai saat ini yang anda kerjakan hanya itu ituuuu aja, bagaimana tidak bosan. Perlu adanya dukungan dari kantor misalnya diberi kesempatan untuk belajar baik diikutkan dalam pelatihan ataupun training.




9. Gaji dan fasilitas.


 Anda harus mengetahui standar gaji yang ditetapkan perusahaan. Misalnya apakah di perusahaan tersebut gajinya hanya UMP (Upah Minimum Provinsi) saja atau ada tunjangan lainnya seperti uang makan, transportasi , kesehatan dan lainnya. Kalau Anda seorang fresh graduate (baru lulus kuliah) mungkin tidak menjadi masalah karena ingin mendapatkan pengalaman terlebih dahulu, tetapi berbeda dengan yang sudah berpengalaman, tentu Anda ingin dihargai dengan gaji dan fasilitas yang jelas.




10. Sesuaikan dengan penghasilan.


Target penghasilan setiap orang sangat relatif dan fluktuatif, bergantung pada situasi, kondisi dan domisili.
Pekerjaan yang paling sesuai dengan kita tentu yang paling sesuai dengan penghasilan yang kita inginkan. Akan tetapi biasanya penghasilan yang kecil pada awal kerja lambat laun akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya pengalaman dan potensi kita.

Jika pekerjaan kita sudah sesuai dengan 5 point tersebut, maka hidup akan terasa rileks dan lebih bermakna.


11. Tunjangan


Tunjangan sebenarnya antara penting dan tidak penting, tapi menurut saya sangat penting sebab dengan adanya tunjungan maka dalam bekerja kita semakin terasa dihargai terutama pada kemampuan yang kita miliki, semakin banyak yang anda lakukan demi perusahaan dan semakin banyak juga reward yang anda dapatkan itu sangat berpengaruh dalam menginkatkan produktifitas dalam bekerja


12. Jalani dengan tekun dan ikhlas.


Jika sudah memilih suatu pekerjaan, sebaiknya Anda harus tekun dan ikhlas bekerja. Jangan terlalu banyak menuntut hal-hal yang berlebihan. Biasanya pimpinan selalu menilai sikap dan mental karyawan terlebih dahulu. Jika sudah bekerja dengan benar yakinlah Anda pasti akan nyaman dan dapat menikmati pekerjaan tersebut.






Referensi:


http://igaji.com/melamar-pekerjaan/tips-memilih-pekerjaan/


http://mafatahna.web.id/2012/03/tips-memilih-pekerjaan-idaman/


http://dhanimadani.wordpress.com/2009/12/31/tips-memilih-pekerjaan/


http://www.psikologizone.com/bagaimana-cara-memilih-pekerjaan-sebagai-jalan-karir/065112374


http://www.tipsh4re.com/2012/05/tips-memilih-pekerjaan-yang-sesuai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar